Proses Perkembangan Janin 12 Minggu dan Perubahan Fsik yang Terjadi

Proses Perkembangan Janin 12 Minggu dan Perubahan Fsik yang Terjadi

December 21, 2020 Off By admin

Setelah 12 minggu, mual dan kelelahan yang terus-menerus biasanya hilang. Bunda mungkin menemukan nafsu makan yang dulunya hilang kini kembali normal, dan bisa jadi nafsu makan bunda naik.

Kali ini kita tidak hanya membahas mengenai bagaiamana proses perkembangan janin 12 minggu pada kandungan tapi akan mencoba memberikan sedikit penjelasan mengenai perubahan fisik.

Perubahan fisik pada usia kehamilan 12 minggu

Kulit di sekitar puting anda mungkin menjadi lebih gelap dan bintik hitam mungkin muncul di wajah atau bisa juga jerawat batu. Kemudian, garis hitam vertikal bisa terlihat jelas dari pusar ke daerah kemaluan. Garis ini terjadi karena adanya perubahan hormonal, setelah lahir anak akan hilang.

Peningkatan total volume darah dapat menyebabkan kulit anda mulai “bersinar”. Anda mungkin pernah mendengar tentang efek kehamilan ini. Jerawat menjengkelkan yang telah menjangkiti anda selama beberapa minggu terakhir hilang, memberi ruang untuk kulit yang bersih dan sehat.

Anda tidak perlu lagi buang air besar seperti usia kehamilan bulan pertama. Sejak minggu ke-12, rahim naik dari panggul dan berhenti menekan kandung kemih. Anda bahkan bisa merasakan proses ini terjadi, terutama saat berbaring di tempat tidur dengan kandung kemih penuh.

Perubahan emosional

Mulai minggu ini, anda mungkin diliputi oleh perasaan bahagia. Energi anda kembali, anda menjadi seperti diri anda yang lama. Dan anda memahami kebahagiaan utuh dan sudah mulai nyaman dengan kandungan yang mulai membesar.

Mulai minggu ke-12, anda bisa merasa lebih tenang dan rileks. Risiko keguguran berkurang secara signifikan, dan banyak pasangan merasa bahwa sekarang adalah waktu yang tepat untuk memberi tahu orang lain bahwa mereka sedang mengandung.

Apa yang terjadi pada bayi di minggu ke 12 kehamilan

Dalam tiga minggu terakhir, bayi anda menjadi dua kali lipat besarnya. Sekarang ukurannya kira-kira sebesar buah plum matang yang besar: panjang tubuhnya sekitar 5–6,5 cm.

Cabang bayi akan secara konstan bergerak, menendang, meregangkan tubuh, berputar sesekali bisa menyikut dan menyundul. Tapi itu masih sangat kecil, dan rahim bunda baru saja mulai naik, jadi kemungkinan besar belum bisa merasakan gerakan yang sangat jelas.

Minggu ini, sumsum tulang bayi mulai membuat sel darah putihnya sendiri. Sel-sel ini melawan infeksi dan membantu bayi anda tetap sehat.

12-18 minggu adalah masa kritis dalam perkembangan otak bayi, jadi sekarang anda harus benar-benar menghentikan mengkonsumsi makanan dan minuman yang berbahaya seperti alkohol, merokok, dan obat-obatan.

Saat ini, plasenta sudah melakukan semua tugas penting mulai dari menyaring oksigen dan memasok nutrisi untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi.

Kelopak mata bayi menutupi seluruh matanya, sehingga terlindungi dengan baik. Bayi juga bisa mulai menghisap jempol.

Nah itulah kira kira kondisi janin pada minggu ke 12 kehamilan, intinya janin sudah dalam kondisi sempurna dan sudah membesar, bunda tinggal olahraga rutin, jaga kesehatan, jangan stress dan persiapkan masa masa berat selanjutnya sampai melahirkan.