Manfaat Sholat untuk Kesehatan Seorang Muslim

Manfaat Sholat untuk Kesehatan Seorang Muslim

May 25, 2021 Off By admin

Sholat diwajibkan kepada seorang muslim karena ada berbagai manfaat yang bisa diberikan, tidak hanya secara spiritual saja. Berbagai gerakan yang perlu dilakukan dalam shalat ternyata juga bisa memberi dampak positif pada kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat kesehatan yang bisa didapat sehingga seorang muslim perlu melakukan sholat sesuai jadwal sholat.

1. Memperlancar Pencernaan

Pembagian waktu dalam sholat ternyata tidak sembarangan dilakukan mengingat ada beberapa manfaat di dalamnya. Setiap waktu dengan jumlah rakaat yang berbeda memberikan tekanan dan kerja otot yang berbeda pada perut. Gerakan yang ada di dalam sholat ternyata bisa membantu relaksasi usus besar dan memperbaiki kerja hati.

2. Aliran Darah Lancar

Ketika sholat, seorang muslim pertama kali akan melakukan gerakan takbir yang akan membuat darah mengalir ke bagian torso. Selain itu, gerakan sujud dimana kepala berada di posisi lebih rendah juga dikenal sebagai gerakan yang memperlancar aliran darah ke otak. Karena itu ketika melakukan sujud, perlu dilakukan duduk sebentar terlebih dahulu agar darah lancar.

3. Tubuh Menjadi Rileks

Gerakan tasyahud atau posisi duduk dalam sholat ternyata juga memberikan efek relaksasi pada sekujur tubuh. Ini karena dalam posisi tersebut, bagian otot paha, persendian, serta tulang belakang berada dalam posisi yang proporsional. Tekanan yang diberikan di setiap bagian mirip seperti tekanan pada saat dipijat sehingga tubuh menjadi lebih rileks.

4. Mencegah Radang Sendi

Dalam sholat, ada pergerakan sendi yang terus menerus terjadi dengan tekanan dan beban yang membantu menjaga kesehatan sendi. Sendi yang bergerak menyebabkan adanya aliran oksigen yang lebih baik sehingga aliran nutrisi juga lebih lancar. Akibatnya, setiap sendi menjadi lebih sehat dan membuat seorang muslim terhindar dari penyakit radang sendi.

5. Memperbaiki Postur Tubuh

Kegiatan saat ini banyak merusak postur tubuh terutama karena duduk yang terlalu lama atau kurang berolahraga. Gerakan yang dilakukan sesuai jadwal sholat bisa membuat postur tubuh menjadi lebih ideal selama berada dalam posisi yang benar. Kegiatan takbiratul ihram misalnya yang membantu meregangkan bagian tulang belakang sehingga postur tubuh terjaga.

6. Peregangan

Sholat bisa menjadi kegiatan yang  membuat tubuh melakukan peregangan secara bersamaan. Kegiatan seperti rukuk misalnya sudah terasa akan memberi tekanan yang tepat pada bagian kaki sehingga aliran darah lebih lancar.

7. Terapi Psikologi

Manfaat yang diberikan oleh ibadah sholat tidak hanya memberikan efek pada fisik manusia saja tetapi juga psikis. Sholat bisa membantu memberikan ketenangan jiwa ketika tengah stres apalagi ketika menyadari sholat adalah sarana komunikasi dengan Allah.

Ibadah sholat yang wajib dilakukan minimal sebanyak lima kali dalam sehari bisa memberi banyak sekali manfaat. Pelajari artikel islami lainnya di Orami dimana semua penjelasan didapatkan dari sumber-sumber terpercaya dan dibahas secara lengkap.