Apa Itu Keputihan Pada Wanita dan Bagaimana Cara Mengatasinya

Apa Itu Keputihan Pada Wanita dan Bagaimana Cara Mengatasinya

June 18, 2021 Off By admin

Apa itu keputihan? Mungkin sebagian besar dari anda sering merasa tidak enak karena terdapat cairan keluar dari vagina berarti putih ataupun sedikit kekuningan bukan? Nah itulah yang disebut dengan keputihan. Kondisi seperti ini memang sering membuat seorang wanita merasa tidak nyaman bahkan kurang maksimal ketika menjalani aktivitas sehari-hari.

Keputihan sendiri sebenarnya merupakan kondisi yang normal bagi para wanita dimana merupakan kondisi saat lendir atau cairan keluar dari vagina. Sebenarnya ini merupakan salah satu cara alami yang dilakukan oleh tubuh untuk menjaga kebersihan maupun kelembapan pada organ kewanitaan.

Jenis-jenis Keputihan

Sudah tahu apa itu keputihan? Ternyata kondisi satu ini dibedakan menjadi 2 jenis yakni keputihan fisiologis maupun patologis. Untuk lebih jelasnya, anda bisa langsung menyimak ulasan yang ada dibawah ini.

  1. Keputihan Fisiologis

Merupakan keputihan normal dimana mempunyai ciri-ciri jumlah keputihan sedikit, mempunyai tekstur bening, tidak berbau serta tidak menyebabkan rasa gatal. Biasanya terjadi karena adanya perubahan selama siklus haid, stress, alat kontrasepsi, kehamilan maupun aktivitas seksual.

Adapun penyebabnya seperti perubahan hormone, rangsangan secara seksual, seseorang yang mengalami kondisi stress hingga ibu menyusui.

  1. Keputihan Patalogis

Ini merupakan keputihan dimana mempunyai ciri-ciri tidak normal seperti bau, gatal hingga jumlahnya cukup banyak. Apabila keputihan anda mempunyai ciri-ciri seperti ini, sebaiknya harus berhati-hari. Sebab bisa saja disebabkan karena proses infeksi, alergi, tumor pada saluran reproduksi hingga adanya benda asing didalamnya.

Sedangkan kondisi keputihan patalogis bisa disebabkan karena jamur candida, bakteri hingga protozoa. Adapun penyebabnya biasanya kurang memperhatikan kebersihan pada daerah kewanitaan.

Cara Mengatasi Keputihan

Menjadi salah satu kondisi tidak nyaman, anda sebaiknya mengetahui bagaimanakah cara mengatasi masalah keputihan tersebut agar tidak berlangsung dalam secara terus menerus. Berikut ini cara buat mengatasinya.

  1. Selalu Jaga Kebersihan Vagina

Pertama, pastikan apabila anda selalu menjaga kebersihan vagina ketika selesai buang air kecil maupun besar bahkan sebelum dan sesudah melakukan hubungan suami istri. Adapun cara membilasnya tidak boleh sembarangan. Cobalah basuh dengan air hangat suami kuku dari depan ke belakang agar kuman yang bersarang di anus tidak berpindah ke area vagina.

  1. Ganti Celana Dalam Secara Rutin

Normalnya, anda disarankan buat mengganti celana dalam 2 kali sehari. Tetapi apabila keputihan dalam kondisi banyak, cobalah buat lebih sering mengganti celana dalam agar vagina tetap kering dan bersih. Terlebih lagi jika anda melakukan aktivitas yang mengeluarkan banyak keringat.

  1. Hindari Penggunaan Celana atau Rok Ketat

Ketika sedang mengalami keputihan, sangat tidak disarankan mengenakan celana ataupun rok ketat. Hal tersebut bisa menyebabkan iritasi vagina dan membuat keringat terperangkap pada kulit sehingga memperlambat penyembuhan.

Jika kondisi keputihan tidak segera membaik bahkan menunjukkan jumlah semakin banyak, cobalah untuk melakukan pemeriksaan ke dokter. Sudah tahu apa itu keputihan? Cobalah untuk lebih sadar dengan kondisi kesehatan.